Selasa, 26 Oktober 2010

TEKNOLOGI PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK PADA MASA KINI

TEKNOLOGI PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK PADA MASA KINI

1. Pendahuluan
Banyak kalangan pebisnis yang memulai bisnisnya atau transaksinya usahanya melalui jalur diplomasi atau temu muka, tetapi banyak pula yang menggunakan jalan dengan memakai jalur elektronik, seperti E-Commerce atau yang lainnya. Maka dari itu para eksekutif atau pebisnis dalam jumlah besar ingin melakukan cara yang mudah untuk bertransaksi yaitu dengan cara membangun sistem antar organisasi yang biasa disebut (Interorganizational System-IOS).
2. Tinjauan Pustaka
Perdagangan melalui jalur elektronik merupakan cara yan efektif untuk berbisnis. Tetapi operasi ini bersifat internal, hanya bagian didalam perusahaan saja yang terkait didalamnya. Seperti bidang fungsional keuangan, manufaktur, pemasaran, SDM dan jasa informasi.
3. Pembahasan
Ada beberapa strategi atau cara yang bisa membuat kita lebih paham akan perdagangan melalui jaringan elektronik. Adalah strategi yang elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronik atau strategi yang biasa disebut dengan IOS. Dengan istilah lain yaitu EDI, yaitu pertukaran data elektronik. Karena dengan EDI ini adalah suatu cara untuk mencapai system antar organisasi.

Sistem Antar Organisasi

Setelah para eksekutif menyertakan perdagangan melalui jaringan elektronik dalam rencana strategis, mereka dihadapkan pada keputusan mengenai pemilihan strategi, metodologi, dan teknologi terbaik. Strategi utama adalah membangun sistem antar organisasi (interorganizational system – IOS) yang terdiri dari beberapa perusahaan yang bekerjasama sebagai satu unit tunggal. Salah satu cara paling efektif menghubungkan para mitra bisnis IOS adalah dengan arus data komputer – suatu konsep yang disebut pertukaran data elektronik (elektronik data interchange) atau EDI.

Suatu elemen kunci dalam IOS adalah jaringan komunikasi data yang mengatur alur data dan informasi antara perusahaan dan para mitra bisnisnya. Tiga teknologi dapat menyediakan kaitan tersebut – sambungan langsung (direct connectivity), jaringan bernilai tambah (value added network), dan internet. Jaringan bernilai tambah (VAN) adalah fasilitas komunikasi yang disediakan oleh pemasok yang tidak hanya menyediakan sirkuit tetapi juga melaksanakan pelayanan penting. Sementara VAN merupakan teknologi pilihan beberapa tahun lalu, banyak perhatian saat ini difokuskan pada internet. Menjelang akhir abad dua puluh, penggunakan internet sebagai saluran utama komunikasi perdagangan melalui jaringan elektronik akan terus meningkat.
Perusahaan-perusahaan ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik untuk mencapai perbaikan diseluruh organisasi. Perbaikan ini diharapkan menghasilkan tiga manfaat utama:
1. Pelayanan pelanggan lebih baik
2. Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan lebih baik
3. Pengembalian atas intestasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat
Manfaat-manfaat ini berkontribusi pada stabilitas keuangan perusahaan dan memunngkinkannya untuk bersaing dengan lebih baik dalam dunia bisnis yang semakin terikat untuk menggunakan teknologi komputer.
4. Penutup
Kesimpulan
Makalah ini belum sempurna dan masih berantakan, karena metode dalam pengambilan data atau sumbernya tidak teratur atau ngasal karena tidak adanya metode yang bisa mengatur makalah ini. Maka dari itu untuk kedepannya diperlukan beberapa metode dalam pengambilan data/sumber agar makalah dapat dimengerti oleh pembaca.
Saran
Diharapkan agar makalah ini dapat benar-benar dipahami oleh orang banyak supaya bermanfaat untuk dipraktekkan diusaha masyarakat agar lebih maju usahanya. Maka dari itu bagi si penulis untuk meyakini pembaca bahwa data dan informasi yang ada didalamnya benar-benar bisa bermanfaat.
5. Referensi

http://www.google.co.id/search?q=apa+yang+dimaksud+Perdagangan+Melalui+Jaringan+Elektronik&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:id:official&client=firefox-a
http://nanienuneno.blogspot.com/2010/01/perdagangan-melalui-jaringan-elektronik.html
http://sri_wiji.staff.gunadarma.ac.id
http://www.pustakanilna.com/intermedia/konvergensi-dan-budaya-masyarakat-masa-depan/1
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Interorganizational_System&ei=_1W0TMyLEYSlceD22KUI&sa=X&oi=translate&ct=result&resnum=1&ved=0CBYQ7gEwAA&prev=/search%3Fq%3D%28interorganizational%2Bsystem%26hl%3Did%26client%3Dfirefox-a%26hs%3DMTz%26rls%3Dorg.mozilla:id:official
http://en.wikipedia.org/wiki/Interorganizational_System
http://publik.tuwien.ac.at/files/PubDat_141766.pdf
http://www.bledconference.org/proceedings.nsf/0/02d5f171ae4576e8c1257014004a2af8/$FILE/29Ravarini.pdf
http://www.edi-indonesia.co.id/new/indexisi.asp?idpage=20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar