Selasa, 26 Oktober 2010

MODEL SISTEM UMUM ORGANISASI ATAU PERUSAHAAN

MODEL SISTEM UMUM ORGANISASI ATAU PERUSAHAAN

1. PENDAHULUAN
Dapat diketahui bahwa teori sistem organisasi melihat perusahaan sebagai sebuah sistem terbuka. Sistem organisasi ini mendapatkan sumbernya dari berbagai lingkungan, untuk mengubah sumber itu menjadi bentuk yang lain, dan membuat sumber yang ditransformasikan berada ke dalam lingkungan.Dalam sesi berikutnya akan dibahas tentang model sistem umum perusahaan.
2. TINJAUAN PUSTAKA
Model merupakan penyederhanaan atau abstraksi dari sesuatu yang mewakili sejumlah objek atau aktivitas, yang disebut entitas/entity. Berikut ini ada beberapa jenis-jenis model, yaitu :
1. Model Fisik
2. Model Naratif
3. Model Grafik
4. Model Matematika
3. PEMBAHASAN
a). Model Fisik merupakan penggambaran dari suatu entitas barang kedalam bentuk berdimensi atau menjadi terlihat nyata. Untuk menggambarkan misalnya hasil dari beberapa produk digunakan model ini yang berupa maket atau prototipe produk.
b). Model Naratif adalah suatu cara untuk penggambaran suatu entitas suatu barang atau produk tetapi dengan cara lisan atau tulisan deskriptif. Kebanyakan dari beberapa manajer dalam suatu perusahaan memakai model ini seperti komunikasi bisnis.
c). Model Grafik adalah contoh penggambaran yang menggunakan beberapa elemen seperti garis, bangun ruang, simbol dan bentuk-bentuk lainnya.Model ini juga sering digunakan dalam dunia bisnis seperti mencari informasi mengenai grafik keuangan perusahaan, kondisi pasar dan banyak lagi. Model grafik ini juga sering digunakan didalam rancangan sistem informasi. Misalnya peralatan oleh seorang programmer yang bersifat grafik seperti bagan arus atau flowchart dan diagram arus data (data flow diagram).
d). Model Matematika adalah model yang digunakan dengan mengandalkan ketelitiannya dalam rangka menjelaskan hubungan antara beberapa bagian dari suatu objek dengan memakai rumus persamaan matematika. Model ini juga dapat mengatasi hubungan yang berdimensi lebih dari 2 dimensi atau lebih dan sering disebut model yang multidimensional. Salah satu dari kelebihan model ini adalah model ini tidak mengenal geografis.
4. PENUTUP
Kesimpulan
Agaknya penulisan atau makalah ini kurang dari sempurna karena sumber data yang kurang akurat. Mungkin lebih efisien bagi si pembaca.
Saran
Dibutuhkan saran atau kritik dari pembaca kepada penulis agar lebih dapat menyempurnaka penulisan atau makalah ini agar lebih baik dan sempurna lagi.
5. REFERENSI
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/sisteminformasimanajemen/bab3_model_sistem_umum_perusahaan.pdf
http://zhiimon.blogspot.com/2009/11/model-sistem-umum-perusahaan.html
http://ruzdeeweb.com/search/model+sistem+umum+perusahaan+warta+warga
http://www.infolinks.com/search.html?q=modeling&pid=108384&wsid=0
http://ruzdeeweb.com/search/model+sistem+umum+perusahaan+warta+warga
http://www.liputan-berita.com/berita/model-sistem-umum-perusahaan--warta-warga.html
http://mhs.blog.ui.ac.id/harry.surjadi/2008/09/27/organisasi-sebagai-sistem-natural/
http://www.smecda.com/e-book/SIM/Simbab13.pdf
http://iirc.ipb.ac.id/jspui/bitstream/123456789/11427/1/H09apu_abstract.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar