Minggu, 26 September 2010

Komponen komponen pendukung SIM

1. Pendahuluan

Pada SIM akan diperlukan beberapa komponen fisik yang diperlukan untuk organisasi sistem informasi adalah hardware, software, database, prosedur dan personal operasi. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing komponen-komponennya yang akan dibahas pada point pembahasan.

2. Tinjauan Pustaka

Pada dasarnya sebuah organisasi akan meminta untuk diperlihatkan sistem informasinya, maka yang akan diperlihatkan adalah komponen fisiknya. Mengenai komponen fisik dapat disebut dalam istilah fungsi pengolahan atau mungki dalam istilah output sistem untuk pemakai.

3. Pembahasan

Berikut ini adalah komponen-komponen fisik dari sistem informasi manajemen :
• Hardware : Hardware menunjukan peralatan komputer fisik dan alat-alat yang berhubungan. Hardware menyediakan 4 fungsi umum yaitu :
1. input atau memasukkan
2. output
3. secondary storage untuk data dan program
4. central processor (perhitungan, pengendalian dan primary storage)
5. komunikasi

• Software : Seperti nama lainnya itu, yaitu perangkat lunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi kita bisa mengoperasikannya. Jadi software juga dapat diartikan sebagai sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah

• Database : Database bisa dikatakan sebagai suatu kumpulan dari data yang tersimpan dan diatur atau diorganisasikan sehingga data tersebut bisa diambil atau dicari dengan mudah dan efisien. Contoh dari database yang sederhana adalah buku telepon. Software yang berfungsi untuk mengatur dan menyimpan data dikenal dengan nama software database engine atau lebih dikenal dengan DBMS (Database Management System).

• Prosedur : Prosedur operasi secara formal merupakan komponen fisik sebab mereka ada dalam bentuk fisik seperti manual atau buku kecil (brosur) instruksi. Berikut ini beberapa tipe dari prosedur :

1. instruksi pemakai (untuk pemakai dari aplikasi data record, terminal pegawai untuk memasukkan dan mendapatkan kembali data atau menggunakan hasil).
2. instruksi untuk pengolahan input oleh pegawai pengolahan data.
Instruksi pengoperasian untuk operasi komputer.

• Personal operasi : Operator komputer, sistem analis, programmer, pegawai pengolahan data, manajemen sistem informasi, administrasi data dll.

4. Penutup

Kesimpulan
Komponen-komponen yang dijabarkan pada penulisan ini sudah ckup jelas karena diambil dari sumber-sumber data yang akurat, baik dari internet ataupun buku yang dibaca oleh penulis.
Saran
Diharapkan kririk dan saran bagi pembaca dikarenakan penulisan ini masih jauh dari sempurna, bila ada kata-kata yang kurang mengarah pada materi mohon dimaafkan. Atas perhatiannya terima kasih.

5. Referensi

• Buku Seri Diktat Kuliah Pengantar Sistem Informasi.Penerbit : Gunadarma
• Browsing internet on http://nursrimulyani.blogdetik.com/2009/10/28/pengertianfungsikomponen-sim/
• Browsing internet on http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-software-perangkat-lunak-komputer/
• Browsing internet on http://krizzna.wordpress.com/2008/07/21/pengertian-database/
• Browsing internet on http://www.google.co.id/search?q=pengertian+prosedur&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:id:official&client=firefox-a
• Browsing internet on http://books.google.co.id/books?id=lPMl0rePj3EC&pg=PA181&lpg=PA181&dq=komponen+komponen+pendukung+SIM&source=bl&ots=ooo0JSX6tL&sig=qVGUZJKv-fwmHpjj1qcqlbfR6mc&hl=id&ei=E22dTO3COJO4cczdqb4J&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=10&ved=0CDEQ6AEwCTgo#v=onepage&q=komponen%20komponen%20pendukung%20SIM&f=false
• Browsing internet on http://www.kuliah.dinus.ac.id/ika/asi/modul.htm
• Browsing internet on http://www.stmikmj.ac.id/sim1.htm
• Browsing internet on http://pusdiklatwas.bpkp.go.id/filenya/namafile/258/KT_SIM.pdf
• Browsing internet on http://www.yoyoke.web.ugm.ac.id Gambaran Umum & Struktur SIM

3 komentar:

  1. manusia dan mesin/komputer kan komponen dalam SIM, fungsi dari komputer sendiri sudah jelas ada artikel ini...menurut penulis dari faktor manusianya, apakah SDM dari manusia/pengguna berpengaruh dalam SIM? dan mengapa demikian?

    BalasHapus
  2. Di judul tertulis "Komponen-komponen pendukung SIM", tetapi dalam pembahasannya tidak ada kata "komponen pendukung" hanya kata "komponen" saja.

    Jadi sebenarnya apa arti dari komponen pendukung, dan apa kegunaan komponen pendukung pada SIM??

    BalasHapus
  3. ukie : oh jelas, diatas sudah dijabarkan salah satu contoh interaksi antara manusia dan komponen SIM.

    @Danu : Oh itu hanya masalah pengetikannya saja yang kurang, sebenarnya diatasa sudah dijelaskan beberapa dari komponen komponen dari SIM itu sendiri.
    terima kasih atas saran & kritik anda.

    BalasHapus