Minggu, 26 September 2010

Definisi dan Fungsi SIM


1.Pendahuluan

Informasi yang kita peroleh sekarang sudah bagaikan darah yang mengalir di dalam tubuh kita, seperti informasi di dalam kampus yang sangat penting untuk para mahasiswa/I nya agar dapat mendukung kelangsungan kegiatan belajar mengajar. Karena itu informasi sangat dibutuhkan oleh kita.
 Agar informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi dapat berguna bagi manajemen, maka analis sistem harus melakukan upaya dengan mengetahui kegiatan untuk masing-masing tingkat manajemen dan tipe keputusannya. Beberapa kegunaan Sistem Informasi antara lain sebagai berikut:
1.        Mempercepat kinerja aksesibilitas data menjadi tepat waktu dan akurat.
2.        Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
3.        Mengidentifikasi kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi dan lain-lain


2. Tinjauan Pustaka

Sudah banyak manusia yang bingung akan kegiatannya sendiri dimanapun tempatnya sekarang. Karena minimnya informasi yang didapat sehingga menimbulkan ketertinggalan akan kemajuan jaman saat ini. Maka dari itu dibutuhkan beberapa prosedur untuk menemukan solusinya, yaitu dengan mengetahui terlebih dulu definisi dan kegunaan dari sistem informasi manajemen agar manusia dapat mengetahui berbagai informasi disekelilingnya.

3. Pembahasan

Konsep dasar informasi adalah salah satunya seperti data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. Informasi diibaratkan seperti sesuatu yang nyata atau setengah nyata yang dapat mengurangi derajat ketidakpastian tentang suatu keadaan atau kejadian. Maka dari itu diperlukan suatu manajemen untuk mengatur informasi yang masuk ke dalam akal pikiran kita yang mendengarnya.
Banyak fungsi dari SIM bagi kegiatan sehari hari manusia, contonhya Sistem Informasi untuk Pengendalian Operasional adalah proses pemantapan agar kegiatan operasional dilaksanakan secara efektif dan efisien. Pendukung pemrosesan untuk pengendalian operasi terdiri dari :

    1. Proses transaksi
    2. Proses laporan
    3. Proses pemeriksaan

4. Penutup

Kesimpulan

Mungkin penulisan ilmiah tentang SIM ini sudah cukup baik dan mudah dipahami karena dibahas dari sumber sumber terealisasi oleh pakar-pakar informasi.

Saran

Sebaiknya penulisan ilmiah ini didapat dari lebih banyak lagi sumber-sumbernya agar informasinya didalamnya lebih akurat dan dipahami oleh si pembaca.



5.   Referensi

Davis, B. Gorgon. 1995. Kerangka dasar SIM. Jakarta. Penerbit: PT Gramedia
                               
Browsing internet on http://www.docstoc.com/docs/22289499/DEFINISI-SISTEM-   INFORMASI-MANAJEMEN

                               
Browsing internet on  http://www.scribd.com/doc/16688060/Sistem-Informasi-   Manajemen

        Dikutip dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.

     
Browsing internet on http://www.ittelkom.ac.id/library/index.php?view=article&catid=25%3Aindustri&id=251%3Asistem-informasi-manajemen&option=com_content&Itemid=15


Browsing internet on Browsing internet on http://www.kuliah.dinus.ac.id/ika/asi/modul.htm

Dari buku Moeliono, Anton. M,dkk. 1990. Kamus Bahasa Inonesia. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Kutipan dar buku karangan Daft, Richard L2003. Management, Six edition.
Browsing internet on http://www.kuliah.dinus.ac.id/ika/asi/modul.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar